RSS

Pengaruh Pribadi Terhadap Perilaku Konsumen

10 Oct

Pengaruh Pribadi sebagai Faktor Keputusan Pembelian

Dalam memilih produk-produk yang diharapkan menjadi pengaruh pribadi kami memilih beberapa produk yang diharapkan menjadi pengaruh pribadi sebagai faktor dalam keputusan pembelian, yaitu:

  • Oli Motor

Pada produk oli motor, biasanya orang akan membeli oli motor dengan merek tertentu setelah melihat langsung atau mendengar langsung informasi fungsi, khasiat, dan keunggulan dari produk tersebut. Informasi yang didapat bisa dari kerabat, teman kerja dsb. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk oli motor ini biasanya pengaruh lisan. Konsumen biasanya akan meminta pendapat teman atau kerabat mengenai produk oli motor.

  • Sabun Pembersih Muka

Sabun pembersih muka (khususnya untuk wanita) memiliki pengaruh pribadi yang cukup besar. Para wanita akan mudah terpengaruh untuk menggunakan produk ini apabila ada salah satu atau beberapa teman yang menggunakan sabun muka merek tertentu dan memberikan hasil yang bagus. Mereka akan terpengaruhi dengan mudah dan ingin langsung membeli produk dan mencobanya sendiri.

  • Handphone

Handphone merupakan alat komunikasi yang telah dimiliki oleh hampir seluruh warga di dunia. Kecanggihan alat komunikasi ini semakin hari semakin berkembang. Contohnya adalah handphone dengan merek Samsung, aplikasi yang ditawarakan Samsung (tipe-tipe tertentu) tentu sangat menarik perhatian konsumen. Di Korea khususnya, pada iklan Samsung Galaxy dibintangi oleh beberapa artis ternama. Selain itu, sering sekali tokoh atau karakter dalam drama dan film Korea memperlihatkan beberapa tipe hanpdhone dari Samsung. Hal ini akan membuat konsumen lebih cenderung membeli Samsung Galaxy karena idola mereka yang mengiklankan dan memakainya.

Dalam kasus lain, pengaruh kerabat atau temanpun memiliki peranan penting dalam seseorang untuk pengambilan keputusan dalam membeli gadget. Kebanyakan konsumen mendapatkan informasi gadget dari kerabat atau temannya sebelum mencari tahu sendiri spesifikasi dari gadget tersebut.

  • Cat Rumah dan Karpet

Konsumen akan terpengaruh oleh kerabat atau temannya dalam hal pembelian produk cat rumah dan karpet. Pengaruh kerabat atau teman ini lebih cenderung memberikan pengaruh yang sangat besar pada ibu-ibu. Ibu-ibu rumah tangga yang sering sekali mengadakan acara arisan, kumpulan, atau pengajian sering sekali membicarakan atau mengomentari rumah teman atau kerabat yang mereka kunjungi. Mulai dari furniture (karpet), cat rumah, design rumah, dsb. Biasanya pembicaraan ibu-ibu ini mengenai merek dari cat rumah atau karpet, tempat pembelian, kelebihan, dan harganya. Hal ini tentu akan mempengaruhi pengambilan keputusan ibu-ibu rumah tangga atau konsumen lain misalnya suami-suami mereka dalam membeli produk cat rumah dan karpet sebagai salah satu pelengkap keindahan dan kenyamanan rumah mereka.

Variasi Pengaruh Pribadi pada Pilihan dan Merek Produk

Berdasarkan beberapa produk yang tertera pada pembahasan sebelumnya, adanya kemungkinan terjadinya variasi antara pengaruh pribadi pada pilihan dan nama atau merek suatu produk bisa saja terjadi. Hal ini karena, suatu pengaruh pribadi dari kelompok acuan akan memberikan tingkatan yang berbeda dalam mempengaruhi suatu pembelian produk. Misalnya konsumen ada yang dipengaruhi lemah oleh kelompok acuan pada pilihan produk, tetapi dipengaruhi kuat pada seleksi merek atau sebaliknya.

Produk

Pengaruh kelompok acuan yang lemah (-) Pengaruh kelompok acuan yang kuat (+)
Merek
Pengaruh kelompok acuan yang kuat (+) Kebutuhan umumPengaruh: produk lemah dan merek kuat

Contohnya: oli motor, cat rumah

Kemewahan umumPengaruh: produk dan merek kuat

Contohnya: handphone, kamera digital, karpet

Pengaruh kelompok acuan yang lemah (-) Kebutuhan pribadiPengaruh: produk dan merek lemah

Contohnya: sabun pembersih muka,

Kemewahan pribadiPengaruh: produk kuat dan merek lemah

Contohnya: minuman ringan, mesin cuci

 
Leave a comment

Posted by on October 10, 2013 in Analitical

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: